Saturday, April 7, 2012

Quota Penghematann BBM Bersubsidi

Pilihan pemerintah untuk mengawasi dan menekan pemakaian BBM bersubsidi diberbagai daerah sampai pada kuota jumlah komsumsi pada tingkat kabupaten kota, selain untuk melindungi konsumen yang berhak mendapatkan BBM bersubsidi ditambah untuk menjaga jumlah cadangan dan alokasi BBM yang akan didistribusikan kepada konsumen opsi tersebut dianggap sangat perlu untuk dipilih sebagai pilihan untuk menekan komsumsi dan menghindari penimbunan sejumlah BBM tertentu, sebagai upaya dukungan terhadap berbagai kebijakan pemerintah untuk melakukan penghematan BBM sampai dengan upaya pemerintah untuk melakukan konversi BBM kepada komsumsi Gas sebagai bahan bakar utama bagi kendaran bermotor sampai dengan dampak hijau bagi lingkungan atas konversi tersebut.


 
Selain itu wilayah indonesia bagian barat yang masih menjadi prioritas utama komsumsi terbesar pemakaian BBM bersubsidi berbanding terbalik dengan indonesia dibagian timur kerap kali ditemukan kasus kelangkaan BBM bersubsidi serperti pada provinsi NTT, Maluku terlebih pada provinsi indonesia paling timur, Papua. Menurut Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Andy Noorsaman Sommeng, untuk meredam lonjakan konsumsi BBM, BPH Migas juga akan memperketat alokasi BBM subsidi persektor pengguna, misalnya rumah tangga, transportasi umum, nelayan, pertanian, perikanan, serta usaha mikro. “Kelompok itulah yang nanti jadi prioritas”.
Sementara pemerintah  saat ini juga akan mencoba menjelaskan berbagai skema pengaturan BBM subsidi, baik yang menggunakan smart card, aturan untuk kendaraan dinas, maupun perubahan warna pelat mobil. dari berbagai skema pengaturan yang tengah dibahas, skema yang paling mungkin diterapkan dalam waktu dekat adalah pelarangan kendaraan dinas pemerintah mengonsumsi BBM subsidi..

No comments:

Post a Comment