Sunday, April 22, 2012

Konverter Kit Gagasan Widjajono Belum Bisa Diterapkan



JAKARTA - Selama enam bulan menjabat sebagai wakil Menteri ESDM, Almarhum  Widjajono Partowidagdo telah membuat berbagai gagasan. Salah satu gagasannya adalah konverter penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi Bahan Bakar Gas (BBG).

Widjajono yang dilantik pada 19 Oktober 2011 telah membuat gagasan konverter penggunaan BBG untuk kendaraan bermotor, “Beliau mencoba  untuk mendorong pemakaian gas untuk kendaraan bermotor, tetapi (sekarang) belum di terapkan” ujar Dirjen Energi Baru Terbarukan, Kardaya Warnika, saat dihubungi Okezone, Minggu (22/04/12).

Dia melanjutkan, selain menghemat minyak bumi, penggunaan gas sebagai bahan bakar juga bertujuan untuk perkembangan penggunaan energi, meskipun pengaplikasian konverter BBM ke BBG memang lama. "Saat ini belum bisa terlihat,” jelas Kardaya yang menjadi adik kelas Alm Widjajono di ITB.

Sekadar informasi, Widjajono Partowidagdo telah meraih gelar sarjana teknik dari Program Studi Teknik Perminyakan ITB pada 1975.

Kemudian  memperoleh gelar Master of Science (M.Sc) dalam bidang Petroleum Engineering (1980), dilanjutkan M.Sc dalam bidang Operation Research (1982), dan MA dalam bidang Economics (1986) dengan judul tesis "An Energy Economy Model for Indonesia" dari University of Southern California (USC).

Gelar Ph.D ia dapatkan dari universitas yang sama pada 1987 setelah merampungkan desertasi berjudul "An Oil and Gas Supply and Economic Model for Indonesia". (mrt)

Sumber:  http://economy.okezone.com/read/2012/04/22/19/616224/konverter-kit-gagasan-widjajono-belum-bisa-diterapkan

No comments:

Post a Comment