Sunday, April 29, 2012

Pembatasan BBM Diumumkan Pertengahan Mei

Menko Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan, kebijakan pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi belum bisa diterapkan 1 Mei 2012. Pemerintah masih mengkaji berbagai opsi untuk membuat kebijakan itu mudah diimplementasikan. Pengumuman resmi atas kebijakan itu baru akan dilakukan pemerintah pertengahan Mei tahun ini.

"Kebijakan pengaturan BBM bersubsidi perlu persiapan dan sosialisasi yang memadai agar masyarakat tidak panik. Mudah-mudahan Mei nanti konsep kebijakan sudah selesai dan sudah matang. Pemerintah akan mengumumkannya pada pertengahan Mei 2012," ujar dia di Surabaya, Minggu (29/4).

Hatta mengungkapkan, sejumlah opsi pembatasan yang masih dikaji di antaranya pelarangan penggunaan BBM bersubsidi bagi mobil dinas pemerintah, mobil pribadi dengan kapasitas silinder mesin mobil (cylinder capacity/cc) di atas 1500 cc, dan pengaturan penjualan BBM bersubsidi di kawasan atau daerah elite. Pemerintah akan mencari opsi yang memiliki mudharat kecil bagi masyarakat.

Menurut Hatta, pemerintah sangat serius untuk menyiapkan kebijakan tersebut dalam upaya menjaga kuota BBM bersubsidi sebesar 40 juta kiloliter (KL) meski kebijakan itu nantinya bisa menimbulkan kontroversi dan di masyarakat.

"Pengendalian BBM bersubsidi belum juga diputuskan karena tidak mudah bagi pemerintah bicara soal BBM. Acapkali kalau kami bicarakan pure ekonomi, masih dianggap bicara politik," kata dia.

_________________________________________________________________________________
Sumber : http://www.migas.esdm.go.id/tracking/berita-kemigasan/detil/270526/0/Pembatasan-BBM-Diumumkan-Pertengahan-Mei

No comments:

Post a Comment