Tuesday, April 10, 2012

Apasih yang dimaksud dengan Konverter Kit?





Sebagai salah satu upaya untuk mengurangi konsumsi BBM ada upaya konversi BBM menjadi BBG. Lalu salah satu alat yang sering disebut-sebut dalam konversi tersebut adalah konverter kit. Ini dia pembahasannya

JAKARTA - Pengalihan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke bahan Bakar Gas (BBG) ternyata membutuhkan sebuah alat yang dinilai bisa menjadi alternatif dalam pembatasan BBM bersubsidi.

"Converter kit itu sebenarnya alat penambahan untuk kendaraan, yang biasa pakai BBM, bisa pakai gas," ungkap general Manager PT Autogas Indonesia, Christianti saat dihubungi okezone di Jakarta Minggu (8/1/2012).

Dia menjelaskan, fungsi dari konverter kit adalah pengguna kendaraan bisa memilih menggunakan BBM atau BBG. Sehingga nantinya jika pemerintah memberlakukan pembatasan BBM bersubsidi, yang salah satunya adalah dengan memberlakukan conversi BBM ke gas, masyarakat bisa menentukan pilihannya. "Jadi kalau dengan converter kit, bisa pakai gas atau BBM, punya dua pilihan," terangnya.

Sayangnya, alat yang dinilai sebagai salah satu cara untuk bisa merealisasikan rencana pemerintah dalam pembatasan BBM ini cukup mahal. Satu unit konnverter kit di banderol Rp9-10 juta per unit. Maklum saja, alat tersebut harus diimpor langsung dari Italia, karena Indonesia belum memproduksi converter kit.

"Sebenarnya harga variatif tergantung kualitas. Kita mendatangkan yang dari Italia, kualitasnya yang bagus," tuturnya.

Ada beberapa negara lain penghasil konverter kit seperti Cina dan Pakistan. Namun, kulalitas konverter kit dari negara tersebut diakuinya masih jauh dibanding dengan Eropa yang memang sudah terlebih dahulu menggunakan gas sebagai bahan bakar transportasi. "Negara-negara Eropa sudah pakai lama," jelasnya singkat.

Diberitakan sebelumnya, untuk pembatasan penggunaan BBM subsidi pada April 2012 mendatang, pemerintah mempunyai opsi untuk mengalihkan pengguna BBM subsidi ke Liquified Gas for Vehicle (LGV) atau Compressed Natural Gas (CNG).

Guna merealisasikan rencana pembatasan BBM tersebut, konverter kit akan diprioritaskan untuk kendaraan umum atau angkot yang banyak digunakan di Jakarta. Kabarnya, konverter kit akan diberikan secara cuma-cuma kepada kendaraan umum tersebut. Hal tersebut  salah satu cara agar masyarakat beralih ke kendaraan umum yaitu dengan membuat transportasi umum senyaman mungkin. (nia)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sumber:  http://economy.okezone.com/read/2012/01/08/19/553506/apa-sih-converter-kit

No comments:

Post a Comment