Thursday, May 3, 2012

Sebuah gagasan baru Presiden SBY Agar Rakyat Hemat Pakai BBM

Untuk menekan konsumsi BBM khususnya yang disubsidi, pemerintah saat ini sedang merumuskan kebijakan penghematan konsumsi BBM yang sedang digodok Kementerian ESDM.

Saat membuka sidang kabinet di kantornya, SBY mengatakan dirinya ingin meningkatkan riset dan pengembangan proyek kendaraan ramah lingkungan dan juga kendaraan berbahan bakar listrik.

"Terlintas dalam pikiran saya, kita ingin terus tingkatkan research and development tapi untuk tujuan-tujuan khusus, reaserch khusus, misalnya harus ada tujuan ekstra di negeri ini, misalnya riset yang berkaitan dengan kendaraan ramah lingkungan atau green car atau electric car," ujar SBY di Istana Presiden RI, Jakarta, Kamis (3/5/2012).

“Karena saat ini terjadi lonjakan jumlah kendaraan di Indonesia, roda empat ataupun roda dua. Jumlah kenaikan kendaraan di Indonesia tiap tahun mencapai jutaan unit,” ujar SBY.

"Hampir pasti penggunaan BBM meningkat tajam. Kalau kita tidak ada usaha yang sangat luar biasa untuk memastikan kendaraan-kendaraan itu makin hemat BBM, maka akan ada kesulitan-kesulitan besar yang kita hadapi," jelas SBY.

Presiden SBY mencoba memperbaiki dari sisi hulu industri otomotif, yaitu pengembangan kendaraan hemat energi. Jadi bukan malah lewat pembatasan atau pengurangan konsumsi BBM subsidi.

"Dari hulunya kendaraan-kendaraan itu sudah sangat hemat dan sangat efisien. Oleh karena itu penelitian dan pengembangan untuk tujuan itu saya pikir perlu kita lakukan, dan nanti kita hitung biayanya, dan bukan siapa, biasanya kolaborasi pemerintah dan dunia usaha," kata SBY.

No comments:

Post a Comment