Tuesday, May 1, 2012

Ini Dia 4 Aturan Hemat BBM & Listrik yang Siap Dikeluarkan SBY

Pemerintah saat ini sedang menyiapkan empat aturan penghematan BBM subsidi dan listrik yang segera diumumkan Presiden SBY. Apa saja?

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, dari empat aturan penghematan tersebut yang paling rumit pengkajiannya adalah pembatasan konsumsi BBM subsidi dengan cara melarang mobil cc tertentu untuk membeli BBM subsidi.

"Dari keempat aturan yang disiapkan, tiga sudah selesai dan masih ada satu yang masih dibahas ulang, yaitu urusan cc," kata Jero dikutip dari situs Kementerian ESDM, Selasa (1/5/2012).

Adapun empat aturan penghematan yang akan dikeluarkan adalah:
  1. Kendaraan pemerintah tidak boleh lagi menggunakan BBM premium
  2. Penghematan penggunaan listrik di seluruh kantor dan perumahan yang dipelopori oleh kantor pemerintahan
  3. Konversi BBM ke BBG
  4. Pembatasan konsumsi BBM subsidi untuk mobil dengan cc tertentu
Menurut Jero Wacik, pembahasan aturan mengenai pembatasan BBM bersubsidi untuk mobil cc tertentu masih dikaji lagi, karena kontrol di lapangan akan sangat sulit.
"Pemerintah akan membuat aturan yang mudah diimplementasikan terlebih dahulu," ujarnya.

Dikatakan Jero yang paling penting adalah tiga aturan pertama yang telah siap akan dijalankan terlebih dahulu dan dimulai di instansi pemerintahan. "Yang tiga jalan dulu, yang satu kami cari cara yang paling mudah kontrolnya," ujarnya.

Menurut Jero Wacik, keempat aturan ini akan segera dijalankan setelah Presiden mengumumkan kepada publik secara langsung.
sumber:detik finance

No comments:

Post a Comment