Thursday, June 14, 2012

Teken MoU PT Bumi Meranti dengan PT Podigy Bupati: Sulit Suplai BBM dan Gas

Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, Rabu (13/6) malam, menerima kunjungan silaturahmi pihak BP Migas Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dan KKKS. Dalam pertemuan yang berlangsung di salah satu hotel di Selatpanjang tersebut, Bupati melakukan penandatanganan MoU antara Pemkab dengan PT Prodigy. Dalam sambutannya, Bupati mengatakan kehadiran pimpinan BP Migas ini merupakan salah satu yang sangat penting. Dimana, seperti yang diketahui Kepulauan Meranti merupakan salah satu daerah penghasil minyak dan gas, meskipun tidak terhitung dalam jumlah yang besar. Namun kenyataannya, saat ini justeru dikeseharian masyarakat cukup sulit mendapatkan minyak dan gas.
‘’ Ini menjadi salah satu bentuk kekesalan bersama. Sebagai daerah penghasil minyak dan gas, tapi masyarakat masih sulit memperoleh minyak dan gas untuk kebutuhannya. Ini menjadi tantangan dan PR bagi kita. Melalui pertemuan ini, kita coba untuk mencari solusi mengatasi masalah tersebut. Sebab, saya pikir sampai hari ini masyarakat belum pernah menikmati BBM dengan harga subsidi sebenarnya yang ditetap oleh pemerintah,’’ papar Irwan.
Ia berharap, kehadiran pimpinan BP Migas Sumbagut dapat menjadi catatan tersendiri untuk selanjutnya membuat kebijakan yang tepat terhadap penyuplaian kebutuhan BBM Kepulauan Meranti. Tidak hanya itu, tapi sekaigus dapat menjawab ketersediaan gas. ‘’ Masyarakat kami disini banyak yang memasak menggunakan minyak tanah. Akibatnya, ketika minyak tanah itu ditarik dan digantikan dengan program konversi gas, maka sekarang masyarakat terpaksa beralih menggunakan kayu sebagai bahan bakar memasak. Beda dulunya, gas tersebut dibeli dari Batu Pahat negara Malaysia. Kebetulan dekat dari daerah Meranti. Kalau dulu tidak ditangkap, sekarang sudah tidak dibenarkan lagi,’’ tuturnya lagi.
Pemkab membuat sebuah trobosan untuk bekerjasama dengan PT Prodigy. Dengan maksud ingin mendapatkan suplai hasil produksi gas dari perusahaan tersebut. ‘’ Kami ingin membangun pabrik Elpiji di Meranti ini. Tujuannya tidak muluk-muluk, tapi bagaimana kebutuhan Elpiji di daerah ini bisa dipenuhi dari pabrik yang ada itu. Begitu juga dari PT Kondur, kiranya berkenan menyuplai gas untuk kebutuhan masyarakat. Sehingga daerah tempat operasional bisa dimakmurkan gas dan minyaknya,’’ harap Bupati
___________________________________________________
Sumber : Dumai Pos

No comments:

Post a Comment